Modul Pembelajaran Keaksaraan Fungsional Bagi Aksarawan Baru

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A. Deskripsi

Modul Pembelajaran Keaksaraan Fungsional ini diperuntukkan bagi warga belajar program keaksaraan fungsional dasar. Pada dasarnya pokok bahasan atau materi dalam modul ini membahas tentang huruf dan penggabungan huruf menjadi kata dengan menggunakan metode iqro.

Metode iqro adalah suatu metode atau cara cepat belajar membaca Al Qur’an yang disusun secara sistematis dimulai bacaan yang sederhana kemudian meningkat setahap demi setahap sehingga terasa ringan bagi yang mempelajarinya. Hal terpenting yang harus diingat dari  metode iqro adalah tidak dimulai dari pengenalan huruf A sampai Z satu persatu, tapi gabungan vocal dan konsonan atau sebaliknya dari konsonan dan vocal (suku kata).

Proses pembelajaran keaksaraan fungsional dasar ini dikemas dalam 4 (empat) kegiatan belajar yang tiap kegiatan belajar mempunyai tahapan-tahapan tersendiri.

Masing-masing kegiatan belajar saling berurutan dan menjadi satu kesatuan pemahaman untuk dipahami, dihayati dan dipraktekkan untuk mempercepat pemahaman dalam belajar mambaca warga belajar.

Cepat atau lambatnya penyelesaian kegiatan-kegiatan belajar sangat tergantung pada pendidik atau fasilitator untuk mendukung dan mengarahkan warga belajar serta kesungguhan dan kemauan keras warga belajar dalam mempelajarinya.

  1. B. Prasyarat

Modul keaksaraan fungsional dasar ini diperuntukkan bagi warga belajar program keaksaraan fungsional yang sebelumnya sudah berkenalan dan berlatih mengenal huruf baik vocal maupun konsonan serta mampu membuat suku kata yang telah dipelajari pada modul sebelumnya.

  1. C. Petunjuk Penggunaan Modul
    1. 1. Sebelum belajar
      1. Tutor/fasilitator harus siap mempersiapkan segala perlengkapan bahan dan media yang dibutuhkan antara lain: papan tulis, kapur tulis/spidol, alat peraga seperti kartu huruf, dan kertas manila/kertas plano.
      2. Yakinkan diri anda bahwa anda telah siap untuk belajar.
      3. Siapkan alat-alat belajar anda seperti buku, pensil, penghapus untuk mendukung proses belajar anda.
  2. 2. Saat belajar
    1. Pahamilah sekilas materi yang akan anda pelajari.
    2. Jika anda mengalami kesulitan, maka tanyakanlah pada tutor atau teman anda.
    3. Jangan melewatkan untuk memahami setiap gambar dan ilustrasi yang diberikan untuk mempermudah pemahaman anda.
    4. Setelah seluruh materi sudah anda pelajari, maka lakukanlah latihan-latihan yang terdapat dalam setiap sub materi. Kemudian mintalah teman atau tutor anda untuk mengoreksi latihan anda.
    5. Jika nilai penugasan anda bagus,maka anda boleh melanjutkan ke materi sebelumnya, namun jika nilai penugasan anda belum memuaskan, maka cobalah lagi dan jangan menyerah.
  3. 3. Sesudah belajar
    1. Sebagi bahan pengayaan materi yang sedang anda pelajari, jika ada latihan di setiap akhir materi kerjakanlah. Sampaikan hasilnya kepada tutor dan diskusikan dengan teman-teman anda.
    2. Semakin sering anda berlatih, maka akan semakin cepat pula anda akan mampu membaca.
  1. D. Tujuan Akhir

Tujuan dari pembuatan modul pembelajaran keaksaraan fungsional dasar dengan menggunakan metode iqro’ ini adalah:

  1. Membantu warga belajar keaksaraan fungsional tingkat dasar untuk belajar membaca dari cara yang paling sederhana.
  2. Mampu merangsang daya ingat warga belajar dalam mengulang bacaan.
  3. Mampu merangsang kreatifitas warga belajar untuk merangkai suku kata menjadi kata baru.
  4. Mampu melaksanakan tugas masing-masing materi dengan baik dan jujur.
  1. E. Kompetensi
    1. Warga belajar mampu menyebutkan huruf vocal.
    2. Warga belajar mampu menyebutkan huruf konsonan.
    3. Warga belajar mampu merangkai huruf vocal dengan huruf konsonan.
    4. Warga belajar mampu merangkai kata baru.
  1. F. Cek Kemampuan
    1. Ada berapa jumlah huruf dalam bahasa Indonesia?
    2. Huruf apa saja yang termasuk kategori huruf vocal?
    3. Huruf apa saja yang termasuk kategori huruf konsonan?

BAB II

PEMBELAJARAN

  1. A. Rencana Belajar Siswa
Jenis Kegiatan
Tanggal
Watu
Tempat Pembelajaran
Perkembangan Pembelajaran
Tanda Tangan Guru

  1. B. Kegiatan Belajar

Kegiatan Belajar 1

Mengenal huruf A, I, U, E, O


ayam

ikan

udang

ember

obor

Mengenal huruf konsonan B, C, D, K

Bacalah secara berulang-ulang huruf-huruf di bawah ini !

b c d k
a I u e o
ba ca da ka
bi ci di ki
bu cu du ku
be ce de ke
bo co do ko
Baca

Babi

Budi

Buka

Dabi

Dadu

Doca

Duka

Cabe

Cuco

Cado

Cuka

Kebo

Kaki

Kacu

Kuda

Latihan 1

Buatlah kata-kata baru dengan menggunakan suku kata di bawah ini !

  1. Da = …………………………………………
  2. Bu = …………………………………………
  3. Ka = …………………………………………
  4. Ca = …………………………………………
  5. Du = …………………………………………
  6. Bo = …………………………………………
  7. Ci  = …………………………………………
  8. Ku = …………………………………………

Kegiatan Belajar 2

Bacalah secara berulang-ulang huruf-huruf di bawah ini !

f g h j
a I u e o

fa Ga ha ja
fi Gi hi ji
fu Gu hu ju
fe Ge he je
fo Go ho jo

Fega

Fahu

Fuja

Fofi

Hafi

Hoge

Huja

Hihu

Gifa

Goha

Gaji

Gagu

Jafi

Juga

Jihu

Jeju

Latihan 2

Buatlah kata-kata baru dengan menggunakan suku kata di bawah ini !

  1. Fo = ………………………………………
  2. Gu = ………………………………………
  3. Hi  = ………………………………………
  4. Ja = ……………………………………….
  5. Fe = ………………………………………
  6. Ga = ………………………………………
  7. Hu = ………………………………………
  8. Je = ……………………………………….

BAB III

EVALUASI

Kunci Jawaban

Kunci Jawaban Latihan 1 (disesuiakan dengan kebijakan pendidik)

  1. Dasi, danau, daging, dahan, darah, daun
  2. Buku, bulan, bumi, bunga, buah, buaya, bubur, bukit, bulu, bumbu, burung, bus
  3. Kaca, kacang, kamar, kabel, kacamata, kadal, kakak, kakek, kalung, kalender, kambing, kamus, kancing, kantong, kapal, kapas, kapur, karung, kaos, kawat, kayu
  4. Cabai, cacing, cangkir, cap, cat, catur, catut
  5. Duku, dua, duri
  6. Botol, bola, bolpoin, boneka, border
  7. Cincin, ciduk
  8. Kucing, kutu, kursi, kuas, kue, kuku, kulit, kulkas, kumis, kunang-kunang, kunci, kupu-kupu, kuning, kurma

Kunci Jawaban Latihan 1 (disesuiakan dengan kebijakan pendidik)

  1. folio, foto, fosil
  2. guru, gunung, gua, guling, guci, gudang, gubuk, gula, gunting, guntur, gurita, gusi
  3. hidung, hiu, hijau, hitam
  4. jam, jamu, jarum, jambu, jakun, jalan, jamur, janggut, jangkar, jantung, jari
  5. feri
  6. gagak, garuda, garpu, garasi, gabus, gallon, gambar, gandum, garam, gardu, gas, gawang
  7. hutan, hujan, huruf
  8. jeruk, jendela, jembatan, jempol

BAB IV PENUTUP

Jika Anda telah mampu melewati materi serta dapat mengerjakan latihan dengan baik dan benar sesuai perintah, maka Anda bisa melanjutkan ke modul selanjutnya. Namun jika ternyata hasul latihan Anda belum cukup memuaskan, maka cobalah kembali untuk mengulang modul ini hingga mahir sebelum Anda melanjutkan ke modul berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: